SURYA ARDIANA

Rabu, 22 Agustus 2012

VOC HISTORY - DRAMA VERSION











Surya :Kamu tw ga knpa voc berdiri ?
Febby : Gini lho critanya....

Makin banyak orang Eropa datang ke Indonesia, maka makin banyak pula persaingan antara orang Belanda. Mereka tidak hanya menghadapi persaingan dengan bangsa lain, tapi juga bersaing dengan perusahaan lain yang ada di bangsa mereka.

                Maka dari itu timbulah pemikiran dari parlemen (DPR) Belanda agar menggabungkan perusahaan – perusahaan itu. Atas dasar pemikiran itu, pada tanggal 20 maret 1602 dibentuklah sebuah persekutuan dagang yang disebut VOC (Vereenigde Oost Compagnie) atau diberi nama juga Persekutuan Dagang Hindia Timur.

Nach... klu u tw ga pemimpin dri voc ?

Surya :Pimpinan VOC terdiri atas 17 anggota sehingga dinamakan Heren seventeen.
Tujuan pun aq tw. Tujuan VOC, Yaitu :


  • -          Menghindari persaingan yang tidak sehat diantara sesama pedagang Belanda.
  • -          Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi  persaingan dengan para pedagang    eropa lain ataupun para pedagan asia.
  • -          Membantu pemerintah belanda menghadapi spanyol.

Berkaitan dengan itu juga, pemerintah Belanda memberi Hak dan Kekuasaan yang cukup luas kepada VOC. Antara lain sebagai berikut:

  • -          Monopoli perdagangan di Daerah Tanjung Harapan dan Selat Magelhaens, termasuk Indonesia
  • -          Diizinkan mengadakan perjanjian dengan raja setempat
  • -          Membentuk angkatan perang sendiri
  • -          Mengangkat pegawai yang di butuhkan
  • -          Berhak mengumumkan Perang

Dengan mengantongi Hak dan Kekuasaan tersebut, VOC memiliki kekuasaan yang amat luas seperti sebuah pemerintahan. VOC makin berkembang dan mendatangkan banyak keuntungan.

U tw ga pieter both tuch spa ?

Febby : Sebagai Gubernur Jendral VOC  yang pertama diangkat Pieter Both(1610-1614). Dia berkuasa di Jayakarta atau Jakarta yang disebut sekarang. Dengan demikian, Jayakarta menjadi pusat kegiatan VOC. Saat itu Jayakarta di pimpin seorang Adipati, Pangeran Wijayakrama. Pangeran Wijayakrama berkuasa di Jayakarta sebagai wakil Sultan Banten.

Ech.. gimana sich... kok bsa VOC dengn mudahnya menguasai perdagangan rempah@ di indo ?


Surya : Pada Mulanya Hubungan VOC dengan kerajaan-kerajaan di Indonesia berjalan baik . hubungan dagang juga berjalan lancar . Di  dalam perkembangannya, VOC tampak makin bernafsu untuk menguasai dan memaksakan monopoli dalam perdagangan. Hubungaan dengan para penguasa dan rakyat Indonesia makin memburuk. Hal itu terjadi setelah VOC di bawah pimpinan Gubernur Jendral Kuch Jan Pieterzoon Coen (J.P Coen).

Febby : och J.P.Coen ...?aq tw sejarahnya J.P. Coen.. qlnjutin ya???
Pada tahun 1619, J.P COEN Menyerbu Jayakarta. Tepat pada tanggal 30 Mei  1619 kota Jayakarta dibakar oleh VOC. Di atas reruntuhan kota Jayakarta itu kemudian di bangun sebuah kota baru yang diberi nama Batavia. Nama Batavia digunakan untuk mengabadikan nama nenek moyang bangsa belanda, yaitu Bataaf.

Dengan dibangunnya kota Batavia, kegiatan VOC makin lancar. Kedudukannya pun di Indonesia semakin kuat. Selain memperhatikan dan mengembangkan Batavia sebagai pusat kegiatan, VOC juga memberikan perhatian khusus kepada kepualauan Maluku. Untuk itu, di wilayah Indonesia bagian timur juga dibangun benteng – benteng pertahanan. Benteng – benteng itu, misalnya Benteng Victoria di Ambon, Benteng Duurstede di Saparua, Benteng Rotterdam di Makassar, Benteng Orange di Ternate, Benteng Nasau di Banda.              
Surya: mna skrng byar aq yg jelasin...

Mengingat Maluku sebagai pusat rempah – rempah, VOC berusaha memperkuat usaha monopolinya. Setelah berhasil mengusir Portugis dari Maluku , VOC melarang rakyat maluku menjualnya rempah – rempahnya selain kepada VOC. Jumlah tanaman dan tempat penanaman rempah – rempah ditentunkan oleh VOC.  

Untuk mengawasi pelaksanaan monopoli rempah – rempah d maluku,VOC mengadakan pelayara hongi. Pelayaran hongi adalah patroli yg dilakukan  Voc dengan menggunakan perahu Kora-kora dan dilengkapi senjata untuk mengawasi pelakasanaan monopoli di Maluku.
Pa sich yg dilakukan voc sehingga rakyat indonesia mnjdi resah n menderita ?

Febby : Apabila terjadi pelanggaran,Voc segera bertindak . Apabila tanaman rempah-rempah telalu banyak, akan di binasahkan oleh VOC. Hal itu disebabkan rakyat tidak memenuhi ketentuan yang telah ada sehingga harga bisa turun, dengan demikian kehidupan rakyat makin resah dan menderita.

VOC  juga sering menerapkan politik adu domba. Dengan cara-cara itu, kekuasaan VOC makin kuat . dengan perkembangannya, Voc berhasil mendesak kekuasaan raja2 di Indonesia.

Makin luasnya daerah pengaruh VOC telah menimbulkan berbagai masalah. Permasalahan itu timbul dalam bidang keamanan dan pembiayaan.Contohnya Makin banyaknya hutang VOC karena dana habis untuk membiayai perang mebuat kas negara menjadi kosong dan kurangny pengawasan di berbagai daerah juga menimbulkan korupsi oleh para pegawai  VOC. Akibatnya, voc yg tdny berjaya mjd lemah dan mengalami kesulitan.

Surya : Oh ya.................
Smntara itu, Pd thn 1795, terjd prbhn di negeri blnda akbt serangn tentara prancis. Penguasa belnda, yaitu, willem v melrkan dri ke inggris. Blnda yg tlh brada dirubh mnjdi republik bataaf.
Pmrnth republik bataaf sgera mengmbil tindakn trhdp voc yg brada diambng kebangkrutan. Pd tgl 31 des 1799 scra resmi voc dibubarkn. Utang piutang n segla milik voc diambil alih oleh pemerintah belanda. Dengan demikian, indonesia jga beralih kekuasaan dari voc ke pemerintahan belanda.

Oh ya, pd thn 1806 tuch da kejadian pa y?
Febby : Pd thn 1806, atas desakan napoleon bonaparte, repubik bataaf diuabh menjadi bentuk kerajaan. Louis napoleon adik dari NB, diangkat menjadi raja di kerjaan blnda.

Untk melksanakan pemerinthan di indonesia, pemerintah kerajaan belnda mengangkat gubernur jenderal. GJ tersebut berkuasa di indonesia ats nama perinth kerajaan belanda. Mulai saat itu lahirlah pemerintahan kolonial hindia belanda di indonesia.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

Maaf Tulisannya sedikit hancur... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar