SURYA ARDIANA

Sabtu, 28 Juli 2012

Contoh Resensi Buku - Super Genius Matematika


Resensi Buku Super Genius Matematika


A. Identitas Buku

Judul buku                  : Super Genius OLIMPIADE MATEMATIKA
Penyunting                  : Francisca
Desain Sampul            : Hengky Irawan
Pengarang                   : Nikenasih Binatari, M.Si
Penerbit                       : Pustaka Widyatama
Tahun terbit                 : 2008
Jumlah halaman           : 216
Ukuran Buku              : 21 x 28 cm

B. Gambaran isi umum buku:
Soal-soal olimpiade adalah jenis soal yang berbeda dengan materi pelajaran yang biasa disuguhkan di sekolah. Soal-soal olimpiade bidang matematika biasanya memerlukan kekritisan dan kecermatan dalam berpikir. Oleh sebab itu, buku ini disusun untuk membantu memberikan arahan menjawab soal-soal olimpiade.
Buku Super Genius OLIMPIADE MATEMATIKA  ini berisikan materi-materi utama dalam olimpiade matematika tingkat SMP. Materi-materi tersebut telah di rangkum dalam beberapa bab yakni:


Bab I   , Tips dan Trik untuk memecahkan soal olimpade matematika.
Bab II  , Teori Bilangan.
Bab III , Aljabar.
Bab IV , Geometri.
Bab V  , Kombinatorika, Peluang, dan Statistika.
Dalam masing-masing babnya, disertai dengan latihan-latihan soal dan pembahasannya secara lengkap. Buku ini juga dilengkapi dengan paket soal-soal seleksi olimpiade regional, Nasional, dan Internasional tahun- tahun sebelumnya.


C.  Kelebihan dan kekurangan buku:
Seperti halnya buku lainnya, buku ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. kelebihan-kelebihan dari buku antara lain pada materi dan cara penyajian materinya.
Materi pelajaran dalam buku ini sangatlah lengkap. Selain materi olimpiade SMP buku ini juga berisikan beberapa materi SMA sebagai materi pengayaan. Hal ini tentunya sangat berguna bagi para pembaca, sebagai penggangan jika pembaca sudah beranjak SMA.
Hal yang menarik lainnya terdapat pada cara penyajian materinya. Materi-materi buku ini disajikan secara sederhana, sehingga, ini dapat mempermudah pembaca untuk menguasai materi yang sedang dibahas.
Selain kelebihan-kelebihan tadi,  jika kita lihat dari sisi eksternalnya, buku ini ditulis oleh orang yang sangat berpangalaman dalam menaklukan soal-soal olimpiade matematika. Pada tahun 2006, penulis pernah mengharumkan nama bangsa dengan meraih perak dalam ISOM, International Scientific Olimpiad Mathematics, di Iran. Selain sebagai penulis buku-buku olimpiade matematika dan sebagai dosen matematika pada beberapa universitas, penulis sekarang ini aktif sebagai Pembina olimpiade.
Sedangkan kekurangan buku ini terletak pada tampilannya. Seharusnya pada buku pelajaran yang materinya seringkali atau bahkan memang dianggap menyeramkan bagi seseorang. jangan hanya menampilkan rumus-rumus atau angka-angka yang ruwet saja, ini biasanya dapat membuat pembacanya menjadi merasa malas untuk membaca buku tersebut. Didalam buku ini seharusnya menampilkan gambar-gambar yang bisa menarik minat pembaca agar mau membaca buku ini.
Selain itu dalam buku ini terdapat beberapa kesalahan percetakan seperti ada beberapa tulisan yang berpindah dari halaman asalnya ke halaman lainya.




D.Kesimpulan:

            Buku Super Genius Olimpiade Matematika di tujukan kepada siswa SMP yang ikut serta dalam olimpiade matematika. Buku ini materinya sangat lengkap sehingga layak untuk dibaca oleh Siswa SMP.

2 komentar:

  1. contoh resensinya bagus. aku pinta sebagai contoh format tugas resensi aku ya. makasih. ^_^

    BalasHapus